Tips Super Mudah Memulai Bisnis Online Tanpa Modal

8:07 PM

Memulai bisnis online bisa dibilang gampang-gampang susah. Gampang bila sudah memiliki pengetahuan tentang jenis bisnis dan bagaimana memulainya. Namun susah bila tidak tahu tentang jenis bisnis yang akan dijalankan dan bagaimana cara memulainya. Namun Anda jangan khawatir, memulai bisnis online ini sangat mudah dibanding dengan bisnis-bisnis lainnya yang sifatnya konvensional (offline). Tinggal Anda memahami langkah-langkah sederhana berikut ini, saya pastikan Anda akan mengerti dengan gamblang dan bisa mulainya usai membaca artikel ini.

Langkah 1: Memutuskan Jenis Bisnis Onlin Yang Akan Dipilih

Bisnis online ini memiliki varian yang bisa Anda pilih. Ada jualan produk atau hanya sekedar membuat blog atau web untuk media iklan. Dalam hal ini kita akan memilih jualan produk dengan sistem online. Jadi, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah putuskan apa yang hendak Anda jual. Kira-kira apa yang mau Anda tawarkan ke orang lain lewat media online. Mengenai produknya, bisa berbentuk barang fisik, ataupun digital. Contoh barang fisik, sabun herbal, obat herbal, jam tangan, smartphone, motor, mobil, makanan, pernak-pernik aksesoris, rumah dan bangunan, dan apa saja yang bisa Anda tangkap. Sedangkan untuk barang digital, bisa berupa ebook, produk-produk informasi, kursus online, software, jasa website, jasa online marketing, dan lain-lain.
Mengenai pemilihan jenis produk, sebaiknya memang harus dipikirkan secara matang sebab berdasarkan pengalaman banyak orang, langkah pertama ini adalah yang terberat. Mengapa? Karena kita harus menyusun konsep usaha, mencari ide, mencari supplier, dan bahkan mau tidak mau juga harus belajar ilmu bisnis. Ilmu bisnis tersebut memang bagus untuk dikuasai namun justru sering menghambat seseorang untuk memulai. Sebab kadang kita menginginkan segala sesuatu sempurna namun pada akhirnya usaha tersebut malah tidak kunjung terlaksana. Jadi, sebaiknya untuk tahap awal ini tidak usah terlalu detil dulu. Anda harus rela untuk menginvestasikan waktu, tenaga, dan mungkin uang, untuk belajar, khususnya mengenai operasionalitas bisnis online.
Langkah 2: Membuat Email
Langkah kedua setelah Anda menentukan pilihan jenis produk atau jasa yang jual adalah membuat email. Anda harus memiliki email untuk bisa melakukan transaksi dan membuat akun-akun media social. Jika Anda ingin membuat website, blog, Facebook, Twitter, dan media social lainnya, maka salah satu syaratnya adalah Anda harus memiliki email. Selain memiliki fungsi untuk mengirim pesan, gambar dan berbagai produk file lainnya, email namun juga digunakan sebagai identitas pribadi dalam membuat beragam media social tersebut.
Membuat email ini juga tidak perlu mengeluarkan uang, karena banyak server yang menyediakan secara gratis, seperti Yahoo.com dan Gmail.com. Kedua-duanya sudah populer dan banyak digunakan oleh orang saat ini. Email dapat mendukung perangkat seperti Blacberry dan iPhone, memungkinkan dalam mengirim gambar iklan yang bisa dibagikan langsung ke Facebook, bisa digunakan untuk mengobrol (chatting), langsung melalui halaman email Anda serta sebagainya. Berbagai kemudahan dan fasilitas tersebut bisa Anda manfaatkan untuk kegiatan bisnis mulai dari promosi, iklan produk, menarik pelanggan, melakukan transaksi dan menguasai pasar.
Langkah 3: Membuat Blog atau Website
Langkah ketiga setelah Anda memiliki email adalah membuat blog atau website dengan email Anda tersebut. Website atau blog itu sangat penting karena memiliki beberapa fungsi penting dalam bisnis Anda. Di antaranya: sebagai media utama promosi produk atau jasa Anda, media pemasaran bisnis ke berbagai wilayah yang telah Anda tentukan, media bertatap muka, berinteraksi, komunikasi dan transaksi dengan konsumen Anda serta yang lainnya. Begitu pentingnya sebuah website dan blog, maka mau tidak mau harus membuatnya.
Di sini Anda akan lebih banyak berkutat dengan hal-hal yang sifatnya teknis, seperti belajar menginstal aplikasi website, dan mungkin sedikit belajar bahasa pemrograman web. Untuk membuat website, Anda akan membutuhkan nama domain dan hosting. Apa itu domain? Dan apa itu hosting? Domain adalah nama website Anda, contoh: www.namaprodukanda.com. Ibarat rumah, nama domain adalah alamat rumah Anda. Jadi usahakan ketika Anda memutuskan untuk membuat nama domain, sesuaikan dengan nama Anda, atau topik website Anda, ataupun jenis usaha Anda. Sedangkan, hosting adalah tempat untuk menaruh nama domain Anda. Jika menggunakan analogi rumah di atas, hosting itu ibarat tanah. Semakin besar kapasitas hosting, maka akan semakin luas pula ukuran tanah rumah Anda.
Untuk tahap permulaan, Anda mungkin tidak memerlukan space hosting yang terlalu besar. Untuk itu, Anda bisa menyiapkan uang 150 ribu untuk sewa hosting, dan 100 ribu untuk membeli nama domain. Namun ingat, nama domain hanya berlaku untuk setahun, jadi tahun depan jika Anda masih ingin menggunakannya, Anda harus melakukan perpanjangan. Begitu juga untuk hosting. Anda harus membayar biaya aktivasi tersebut.
Jika Anda tidak mau yang berbayar, jangan khawatir. Ada banyak website atau blog yang gratis Anda gunakan. Untuk itu, Anda bisa mulai membuat website dengan blog gratisan. Ada beberapa penyedia blog gratisan, yang terkenal diantaranya ada WordPress, Blogspot, Typepad, Posterous, Tumblr, dan masih banyak lagi. Namun jika saya boleh menyarankan, pakailah WordPress atau Blogspot. Karena kedua penyedia blog tersebut sudah banyak dikenal oleh para pengguna internet di dunia, dan juga lebih mudah dikenal oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing. Atau, jika Anda tetap ingin membuat website bisnis yang profesional dengan nama domain sendiri, namun Anda masih terlalu sibuk untuk membuatnya sendiri, Anda bisa membuatkan ke penyedia jasa pembuatan website yang banyak tersedia di internet. Atau bisa saja minta tolong dibuatkan teman Anda yang sudah biasa membuat web.
Langkah 4: Mengisi Website/Blog dengan Produk Anda
Setelah website Anda jadi, langkah selanjutnya adalah mengisinya dengan informasi produk / jasa yang Anda miliki. Namun ingat, isilah konten website Anda secara meyakinkan. Jangan asal copy paste, namun usahakan gunakan kata-kata yang memang pantas untuk Anda pasang di website. Karena ini akan menjadi sarana promosi dan kantor online Anda. Oleh karena itu, untuk mengisi konten website Anda secara baik, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini. Pertama, informasi harus lengkap. Saat membuat bisnis online, Anda harus menampilkan informasi mengenai produk sebanyak-banyaknya. Hal ini karena para pelanggan tidak bisa menyentuh atau mencoba produk tersebut. Contohnya, bisnis online yang menjual baju. Ada baiknya Anda menulis jenis bahan, ukuran panjang baju, lebar baju, serta detail agar pembeli tidak merasa tertipu ketika mendapatkan barangnya.
Kedua, foto dengan kualitas bagus. Foto adalah kunci utama dalam bisnis online. Foto dengan kualitas buruk bisa membuat pembeli merasa tak nyaman, belum lagi dengan adanya perbedaan warna produk saat di foto dengan produk aslinya. Jangan sampai hanya karena foto yang tidak makslimal, Anda mendapat predikat penipu karena menjual barang yang tidak sesuai dengan keinginan pembeli. Ketiga, usahakan untuk menggunakan model. Foto dengan menggunakan model terlihat lebih hidup, terutama bagi online shop yang menjual pakaian. Dengan menggunakan model, pembeli jadi bisa memperkirakan produk tersebut saat dipakai. Selain itu, model yang sesuai bisa membuat produk jualan tampak lebih eklklusif dan menarik.
Langkah 5: Jangan Lupa, Gencarlah Melakukan Promosi
Setelah konten website sudah tersedia, Anda bisa mulai mempromosikannya melalui search engine seperti Google, Yahoo, Bing dengan teknik SEO, ataupun memanfaatkan situs social media seperti Facebook, Twitter, Pinterest untuk promosi. Ingat, bangunlah hubungan dengan para pengunjung, beri informasi yang mereka butuhkan. Mungkin mereka tidak langsung beli produk Anda, namun ketika mereka mendapatkan informasi yang dibutuhkan, maka kepercayaan mereka akan tumbuh, sehingga kemungkinan mereka membeli produk pada Anda akan semakin besar.
Kuncinya adalah CTPM. Apa itu?
·         C = Content, buat konten yang informatif dan sesuai target konsumen
·         T = Traffic, datangkan trafik melalui search engine / social media / getok tular
·         P = Pre-selling, bangun hubungan dengan para audience / pengunjung
·         M = Monetize, tawarkan solusi yang dibutuhkan oleh calon konsumen
Selain itu, jangan bosan-bosan untuk terus melakukan promosi. Promosi ini bisa Anda lakukan melalui beberapa hal berikut:
1.      Lewat Facebook
Bagi para pemula bisnis online, Anda bisa memaksimalkan penggunaan sosial media Facebook. Kegunaannya, untuk meningkatkan brand awareness dan menggaet para pelanggan. Bisnis online memang gampang, tapi perlu strategi di balik itu juga. Misalnya ada yang baru memulai usaha di online, sebaiknya coba dulu di Facebook karena bagaimana pun Facebook itu penggemarnya masih banyak.
2.      Perbanyak Media lain
Selain facebook, Anda juga sebaiknya memanfaatkan media social lainnya seperti Twitter. Sebab semakin banyak media social yang Anda gunakan maka semakin banyak pula peluang dan konsumen yang Anda pengaruhi. Khusus untuk twitter, create awareness di Twitter bisa menggunakan buzzer, orang yang twitter followernya banyak bisa kita kasih produk kita ke dia untuk dipromosikan. Yang jelas, semakin banyak media social yang Anda gunakan maka berarti Anda telah membuka peluang yang semakin luas pula. Selain twitter, media lainnya adalah Istagram, Pinterest, dan lainnya.
3.      Ikutilah Komunitas bisnis untuk mengiklankan
Di internet, banyak grup, website atau komunitas yang dapat Anda ikuti untuk mengiklankan produk atau jasa Anda. Di antara beberapa komunitas bisnis yang perlu Anda ikuti adalah sebagai berikut:
·         Indoforum. Lebih detailnya klik di indoforum.org.
·         FJJB (Forum Jual Beli Bandung) infobdg.com.
·         Jualbeliforum.com.
·         KOMPASforum.
·         Kaskus.
·         BISNISUKM.
·         Forum Usaha dan Peluang Usaha Bisnis (peluang-usaha.niceboard.org).
·         Forum Bisnis Online Centre (bisnisonline.forumotion.net).

Itulah 5 tips cara mudah memulai bisnis online yang bisa Anda lakukan tanpa bingung-bingung lagi.  

Previous
Next Post »
0 Komentar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!