10 Alasan Menguntungkan Mengapa Anda Memilih Bisnis Online

7:14 PM

Berbicara bisnis adalah berbicara mengenai keuntungan. Bisnis adalah salah satu jalan terbesar untuk meraih keuntungan. Maka jika Anda terjun ke dunia bisnis, maka pertimbangan utama dan pertama yang Anda lakukan adalah apakah bisnis yang Anda dipilih memiliki pertimbangan keuntungan yang besar atau banyak? Di sinilah pentingnya mencari informasi, memilih dan menentukan jenis bisnis apa yang paling banyak memberi alasan keuntungan bagi bisnis Anda. Dari pertimbangan tersebut, maka tidak salah Anda memilih bisnis online. 
Dalam bisnis, siapa yang pandai membaca peluang, maka dialah yang akan meraup keuntungan lebih besar dari yang lain. Internet adalah dunia maya yang menyediakan ladang peluang besar bagi yang mengetahuinya. Tidak ada habisnya, tanpa disekat batas, tanpa terikat ruang dan waktu. Setidaknya, ada 10 alasan menguntungkan mengapa Anda memilih bisnis online ini. Di antaranya sebagai berikut:
1.    Modal Sederhana
Bisnis online bisa dimulai dengan modal sederhana atau bahkan tanpa modal sekalipun. Modal sederhana karena Anda cukup menyediakan computer atau laptop dan modem (internet) maka bisnis ini bisa dijalankan. Hanya dengan modal seperti itu yang setiap orang pada era saat ini sudah memilikinya, maka bisa dibilang juga tanpa modal karena hanya cukup memanfaatkan hobinya bermain komputer dan berselancar di dunia maya. Hanya dengan modal sederhana seperti itu, Anda tinggal mencari barang dagangan yang bisa dijual leat internet.
Jika Anda tidak memiliki barang dagangan, Anda bisa melakukan penjualan reseller dengan menjadi anggota pedagang besar atau produsen barang dagangan tersebut. Dengan cukup membayar biaya pendaftaran, Anda sudah bisa meraup penghasilan dari bisnis tersebut. Jika Anda memiliki barang dagangan sendiri, itu lebih baik karena Anda mampu menjual barang dagangan Anda sendiri secara gratis. Cukup mudah bukan? Bandingkan dengan sistem offline (membuka toko atau menyewa tempat di pasar). Anda akan mengeluarkan modal yang begitu banyak dengan membeli barang dagangan, menyewa tempat usaha, menyediakan peralatan, membayar biaya iklan dan menggaji karyawan.
2.      Tidak Perlu Menyewa Tempat Usaha
Bisnis online tidak membutuhkan tempat atau ruangan usaha sebagaimana bisnis offline. Pada bisnis offline, seperti yang diulas sebelumnya, ketika kita hendak membuka bisnis maka adanya tempat usaha adalah sesuatu yang wajib. Untuk dapat mendapatkan tempat usaha, maka kita harus menyewanya dengan harga yang tidak sedikit. Maka pengeluaran modal usaha akan besar dan belum lagi persoalan tidak laku, barang menumpuk dan lainnya. Bandingkan dengan bisnis offline. Tempat usaha yang sering menyedot pengeluaran modal tidak akan terjadi karena Anda cukup memiliki akun sosial seperti website, blog, facebook atau media sosial lainnya yang kebanyakan gratis. Kefektifannya pun jangan ditanya, internet jangkauannya sangat luas dalam menjangkau konsumen sampai ke luar negeri. Jadi, modal bisnis yang sebelumnya akan digunakan untuk menyewa tempat usaha akan tetap aman jika Anda membuka bisnisnya lewat internet.
3.      Sangat Praktis dan Mudah Dilakukan
Bisnis online sangat prkatis dan mudah dilakukan. Cukup duduk manis di rumah di depan komputer, Ana sudah bisa menjalankan bisnis online ini. Begitu pun dengan peralatan, hanya dengan memanfaatkan komputer, internet, no telepon, dan no rekening, maka Anda sudah bisa menjalankannya. Contohnya sederhana, jika ada konsumen yang ini melihat, tertarik dan ingin membeli barang dagangan yang Anda pajang di internet, Anda tinggal memasang no HP yang bisa dihubungi serta melakukan prosedur pembayaran lewat rekening. Jika uang sudah ditransfer oleh pembeli, Anda tinggal melakukan pengiriman barang yang ket tempat konsumen melalui layanan pengiriman (Tiki, JNE, Ekspress dan lainnya).
4.      Jangkauan Pasar Online Sangat Luas
Jangkauan pasar online sangatlah luas. Seperti kita sering sebut, luasnya tidak dibatasi oleh wilayah (tempat) dan waktu. Wilayah misalnya, jangkauan pasar online tidak hanya sebatas wilayah-wilayah nusantara, namun juga manca Negara. Batas-batas wilayah, baik regional maupun internasional berhasil diterobos tanpa harus membayar biaya-biaya wilayah. Jika Anda melakukan promosi usaha atau barang dagangan melalui online, bisnis Anda tidak hanya bisa diakses oleh wilayah nusantara namun juga bisa dilihat oleh pasar internasional. Begitu juga dengan waktu, bisnis online (lewat internet) bisa diakses dan dilihat oleh jutaan orang dalam kurun waktu yang tidak terbatas (24 jam). Inilah kelebihan penting pasar online, bandingkan dengan bisnis offline atau konsvensional, di mana hanya terbatas pada jangkaun pasar daerah saja.
5.      Bisa Menjadi Sandaran Penghasilan Utama
Siapa bilang bisnis online tidak bisa dijadikan profesi utama. Bahkan ada pemilik blog yang bisa meraih penghasilan sampai 200 juta sebulan. Portal online TechCrunch misalnya. Portal tersebut awalnya hanya dikelola oleh Michael Arrington, seorang pengacara yang sekaligus seorang tech geek. Saat ini, TechCrunch digawangi oleh sejumlah editor yang bekerja sebagai tim. Niche blog ini adalah teknologi dan starts up. Penghasilan per bulan yang diperoleh TechCrunch tidak main-main dan tak terbayangkan, yaitu sebesar $200,000 (atau setara dengan 2 miliar). Laba tersebut bersumber dari iklan-iklan banner. Konon katanya, harga spot iklan selama sebulan di TechCrunch adalah $10,000! (atau setara 100 juta rupiah lebih).
6.      Hemat Waktu dan Biaya
Bisnis online merupakan satu-satunya yang tidak begitu menyita waktu dan biaya. Banyak aktivitas bisnis yang bisa dilakukan hanya dalam sekali duduk saja. Mulai dari promosi, pemasaran maupun pembayaran. Hal ini karena sistem online memudahkan pebisnis atau pembeli untuk menghemat waktu dan biaya karena promosi, pemesanan dan pembayaran bisa dilakukan secara online. Begitu juga dengan pengirimannya, begitu mudah karena banyak penyedia jasa pengiriman paket. Bandingkan dengan sistem bisnis offline atau konvensional. Anda harus melakukan promosi, pembayaran dan traksaksi lainnya dilakukan dengan melibatkan banyak yang berbeda. Sehingga menyita banyak waktu dan menguras biaya.
7.      Dapat Melakukan Promosi yang Tanpa Batas Waktu
Inilah alasan yang paling menguntungkan dari bisnis online karena Anda bisa melakukan promosi tanpa harus dibatasi waktu. Bisnis online dapat siaga 24 jam non stop. Apa pun bidang bisnis yang akan dijalankan, semuanya memiliki promosi yang tidak terbatas. Bandingkan dengan bisnis offline atau konvensional. Promosi yang dilakukan dibatasi oleh ruang, waktu dan biaya yang tidak sedikit. Bahkan untuk promosi di media cetak misalnya, iklan hanya dibaca dalam beberapa waktu saja dan setelah itu dbuang. Bandingkan dengan bisnis online, produk Anda bisa dibuka dan diakses selama 24 jam non stop. Konsumen bisa membaca, melihat dan memesan pada jam berapa pun tanpa dibatasi jam kerja.
8.      Sangat Hemat Biaya Promosi
Berapa biaya promosi yang digunakan untuk mempromosikan usaha Anda di media cetak atau media elektronik? Beragam, dari puluhan ribu sampai puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Jika Anda iklan di media cetak, harganya bervariatif. Paling rendah puluhan ribu dan paling tinggi adalah jutaan tergantung pada space iklan yang Anda pilih. Jika Anda melakukan promosi melalui media televisi, maka biayanya bisa lebih mahal lagi. Bandingkan dengan iklan di media online, biayanya lebih murah bahkan banyak yang gratis. Anda bisa melakukan promosi lewat blog pribadi, twitter, Facebook dan lainnya secara gratis. Dengan demikian, Anda telah mampu menghemat ratusan ribu bahkan jutaan rupiah untuk biaya promosi.
9.      Bisnis Tidak Harus Ditunggu Layaknya Menjaga Toko
Keuntungan lainnya dari bisnis online ini adalah Anda tidak harus menunggu setiap saat sebagaimana seorang penjual menunggui barang dagangannya di tokot-toko offline. Misalnya, kalau Anda mempunyai toko online Anda tidak harus stand by di tempat setiap saat menunggu bisnis karena pelanggan bisa memesan lewat kontak-kontak yang tersedia. Bahkan ada sistem bisnis online yang otomatis tinggal menyediakan produk dan website kemudian sistem yang menjalankan bisnis tersebut. Sistem seperti ini sangat menguntungkan Anda karena Anda tidak perlu repot-repot duduk menunggu konsumen. Bandingkan dengan sistem offline, di mana Anda harus menunggu di kasir toko untuk melakukan transaksi dan pelayanan konsumen terhadap barang dagangan Anda.
10.  Tidak Membutuhkan Biaya Operasional Besar
Bisnis online meminimalisir biaya operasionalnya bahkan relatif kecil. Untuk menjalankan usaha tersebut, Anda cukup mengeularkan biaya untuk penggunaan internet dan listrik yang tidaklah seberapa. Karena media yang dipakai hanya internet maka bea operasionalnya juga hanya untuk bea langganan internet dan listrik. Biaya langganan paket internet cukup dengan uang Rp. 100 ribu Anda sudah memiliki koneksi internet selama satu bulan penuh. Begitu dengan dengan biaya listrik, biayanya tidak sampai Rp. 100 rupiah dalam sebulan. Untuk ukuran biaya operasional, biaya tersebut terbilang sangat murah meriah, namun tanpa menghilangkan peluang keuntungan yang melimpah. Bandingkan jika Anda melakukan bisnis offline atau konvensional, maka biaya operasional sangat banyak, dari mulai biaya pegawai sampai biaya-biaya lainnya.
Itulah 10 alasan menguntungkan bila Anda memilih bisnis online (anc).
Previous
Next Post »
0 Komentar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!