Tips Kunci Sukses Bisnis Reseller Online

4:22 AM

Menjalankan bisnis reseller Online memang membutuhkan strategi khusus agar mampu bersaing dengan yang lain dan bisnisnya semakin berkembang. Tanda bahwa bisnisnya berkembang bisa kita lihat dari jumlah pengunjung dan yang memesan melalui system online Anda. Jika semakin banyak dan meningkat, maka disitulah bisnis reseller Anda bisa berkembang. Namun, untuk bisa membuat reseller Anda berkembang membutuhkan strategi dan kunci suksesnya.
Nah, berikut ini beberapa kunci sukses yang perlu Anda pelajari dan terapkan:

Teliti Kebutuhan Pasar
Sebelum menentukan produk apa saja yang akan Anda pasarkan, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengamati kebutuhan pasar dan perkembangan tren yang sedang digemari oleh publik. Hal ini wajib dilakukan demi menghindari kekeliruan dalam menentukan produk yang akan Anda jajakan.
Caranya sederhana saja, awali dengan meluangkan waktu untuk melakukan browsing mengenai shopping online yang tengah naik daun, produk mereka seperti apa, atau jika Anda mahir dengan teknologi, mulailah dengan mencari kata kunci yang paling banyak ditelusuri dan dibaca konsumen di mesin pencarian.

Teliti Kualitas Produk
Setelah berhasil memilih produk yang akan dipasarkan, langkah selanjutnya adalah mencari source atau online store yang menjual produk tersebut dengan kualitas yang prima dan harga bersaing. Anda harus benar-benar menerapkan dua hal ini: kualitas dan harga. Kualitas akan menjadikan barang dagangan Anda mudah dipercayai oleh konsumen sehingga kemungkinan besar bisa menjadi pelanggan Anda nantinya.
Jika kualitas barang Anda jelek, maka Anda sama saja dengan membunuh diri Anda sendiri karena konsumen akan kecewa. Apalagi bisnis ini prinsip utamanya adalah kepercayaan. Sedangkan harga yang murah dari produk akan memungkinkan Anda untuk memperoleh keuntungan yang besar. Ingat, bisnis ini tetap menggunakan keuntungan selisih dari harga aslinya.

Kenali Sang Pemilik Produk
Jangan takut untuk menghubungi pemiliki online store atau sang blogger untuk menanyakan mengenai kemungkinan potongan harga apabila Anda memesan dalam jumlah yang banyak. Selain itu, Anda pun harus melakukan riset kecil-kecilan untuk mengetahui reputasi sang pemilik produk di dunia maya.
Cermatilah website atau blog pemilik produk, seperti halnya berdagang cara konvensional, di mana bila sang penjual tampak sangat menguasai product knowledge, otomatis ia memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas mengenai produknya. Kemudian, jangan lewatkan testimonial para pembeli atau reseller lainnya di halaman website atau blog sang pemilik, meskipun hal tersebut tak sepenuhnya dapat diandalkan namun tak ada salahnya dilakukan, demi kelanggengan hubungan bisnis Anda dengan sang pemilik.

Gencar Melakukan Promosi
Kerahkan seluruh sosial media yang tersedia di internet untuk memasarkan produk dagangan Anda tersebut. Sebagai reseller, internet tak melulu menjadi ‘tool market’ Anda dalam menarik konsumen sebanyak-banyaknya, sebab sah-sah saja untuk memasarkan dengan cara konvensional, seperti menawarkan kepada keluarga, teman kantor atau para sahabat. Ingat, jangan promosikan hanya dalam satu channel.
Salah satu kesalahan dalam berpromosi adalah hanya mengandalkan pada satu channel. Jangan hanya mempromosikan pada satu website atau forum. Jangan sungkan-sungkan untuk menghabiskan lebih banyak waktu untuk mempromosikan produk tersebut. Anda juga harus lebih aktif jika berpromosi di social media. Pengunjung akan merasa lebih mudah untuk mengakses lapak dagangan dan menanyakan langsung kondisi dan kualitas poduk tersebut.

Cerdik Menentukan Harga
Setelah menentukan produk dan melakukan promo di dunia maya secara maksimal, Anda pun harus memperhatikan harga jual produk. Pilih produk yang memiliki harga yang bersaing dengan produk serupa. Jangan terlena dengan ‘rayuan’ harga murah, semakin murah produk tersebut maka semakin kecil pula komisi yang Anda terima. Ini berhubungan langsung dengan keuntungan yang Anda peroleh di kemudian hari.
Oleh karena itu, sebaiknya Anda melakukan analisis pasar terlebih dahulu terhadap harga-harga para pesaing Anda. Carilah perkiraan harga rata-rata mereka, sehingga Anda bisa menentukan harga yang bersaing namun tetap untung. Tidak kemahalan: yang akan membuat konsumen beralih ke online lainnya dan tidak kemurahan: yang akan membuat keuntungan Anda semakin sedikit.

Fokuslah Pada Tugas Anda
Ingat, tugas utama bagi seorang dropshipper adalah menawarkan produk orang lain. Dengan kata lain, mereka hanya diberikan wewenang untuk mempromosikan produk. Biaya produksi atau pengiriman barang bukanlah tanggung jawab dropshipper. Dengan memahami peran ini, dropshipper bisa lebih fokus pada tugasnya dan mampu menjalankannya dengan baik. Selain itu, dropshipper hanya dibayar berdasarkan komisi dari produk yang terjual.

Tanggapi Setiap Konsumen Dengan Baik
Setiap kali konsumen menghubungi Anda untuk menanyakan produk yang dijual, Anda harus bisa menanggapinya secepat dan sebaik mungkin. Jangan sampai konsumen harus menunggu lama untuk mendapatkan jawaban SMS Anda. Perlakukan konsumen tersebut layaknya konsumen Anda sendiri. Anda memang hanya bertugas untuk menjualkan produk orang lain, tetapi Anda juga perlu memperlakukan konsumen dengan baik meskipun tidak bertatap muka secara langsung.

Jelaskan Manfaat Dan Keunggulan Produk Dengan Rinci
Konsumen akan berpikir dua kali jika mereka melihat iklan produk yang tidak jelas spesifikasinya. Apalagi, produk tersebut tidak dilengkapi dengan foto. Untuk mendapatkan lebih banyak konsumen, Anda perlu menjelaskan kualitas dan keunggulan produk tersebut dengan baik tanpa harus menunggu mereka bertanya. Jelaskan secara rinci di lapak dagangan Anda. Jadi, Anda tidak perlu mengulangi penjelasan itu lagi saat konsumen bertanya. Mintalah kepada pedagang atau mitra Anda untuk memberikan keterangan sejelas mungkin mengenai produk yang Anda promosikan.

Gunakan Koneksi Internet Yang Cepat
Internet adalah sarana pendukung bisnis utama bagi seorang dropshipper. Untuk memperlancar bisnis Anda, jangan sungkan untuk meluangkan dana lebih untuk membeli akses internet yang lebih baik. Jangan sampai bisnis Anda terganggu oleh koneksi internet yang buruk. Jika memungkinkan pakai modem, Anda sudah bisa melakukannya tidak masalah. Namun saran saya, pakailah modem atau paket yang membuat internet Anda cepat. Akan lebih mudah jika Anda berlangganan seperti Speedy atau modem dengan paket lebih mahal dengan kecepatan bisa diandalkan. [ratu bisnis]
Previous
Next Post »
0 Komentar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!