Rahasia Sukses Bisnis Tiket Online

9:09 AM


Bisnis tiket Online merupakan salah satu bisnis online yang paling menjanjikan. Siapapun sesunggunnya bisa menjalankan bisnis ini asal mengetahi cara-caranya saja. Nah, berikut ini beberapa rahasia sukses membuka bisnis tiket online yang perlu Anda ketahui. Jika Anda mampu mepelajarinya dengan baik, maka Anda bisa menjalankan bisnis tiket online ini dengan mudah. Apa saja hal-hal penting yang perlu Anda ketahui?

Peluang Bisnis Tiket Online
Bisnis tiket pesawat online sangat menjanjikan dan menguntungka karena setiap tahun penumpang pesawat terbang terus mengalami peningkatan. Pemerintah sendiri memprediksi bakal terjadi peningkatan penumpang pesawat domestik yang cukup besar sampai tahun 2015 atau lima tahun ke depan. Meskipun nantinya akan diberlakukan Open Sky, tetapi maskapai lokal tetap akan menikmatinya secara maksimal. Menurut Direktur Angkutan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Tri S Sunoko, dalam hitungan moderat pemerintah yaitu setiap tahun terjadi kenaikan penumpang sebesar 10 persen saja, maka pada 2015 jumlah penumpang angkutan penerbangan domestik menjadi 77,608 juta orang. Dengan demikian, bisnis penjualan tiket secara online tersebut memiliki prospek bisnis yang menjanjikan.
Cara Mudah Memulai Bisnis Tiket Online
Terdapat beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk menjadi agen penjualan tiket secara online. Yang perlu Anda lakukan adalah mencari agen besar untuk dijadikan sebagai mitra agen bagi Anda, misalnya menjadi mitra agen agentiket.net, dan lainnya. Untuk menjadi agen tiket ada beberapa syarat yang harus Anda lakukan berikut keuntungannya.
1. Syarat untuk jadi Agen
þ  Registrasi via online.
þ  Datang Langsung Ke Kantor dengan membayar biaya Keagenan sebesar misalnya, Rp. 3.500.000.
2. Keuntungan
Keuntungan yang didapat setelah melakukan registrasi dan administrasi oleh agen berbeda-beda. Tergantung dari perusahaan induk yang mesyaratkan hal-hal khusus. Keuntungannay misalnya sebagai berikut:
þ  System Reservasi Online 24 jam
þ  Panduan Reservasi
þ  Stiker dan Spanduk
þ  Training Tiketing
þ  Menjalankan semua lini bisnis kami dibawah ini tanpa ada biaya tambahan lagi, berikut persentase komisi yang akan didapatkan oleh agen:
-  Penjualan Tiket Pesawat Domestic dan International (2.5% – 3.5%).
-  Voucher Hotel Domestic dan International (7% – 25%).
-  Paket Tour Domestic dan International (5%).
-  Perjalanan Umroh & Haji (CGK) (US$30).
-  Rent Car (CGK) (10%).
-  Terima Pembayaran Telp, PLN, Indosat, Speedy, Pulsa Elektrik Telkomsel, Flexi, XLDeposit minimal Rp.1.000.000,- System terpisah dari system reservasi.
-  Antar / Jemput Bandara (CGK) (10%)
3. Anda juga harus menyiapkan blog atau website untuk dijadikan sebagai lahan promosi dan layanan. Di dalamnya juga harus berisi lengkap mengenai harga, jadwal penerbangan, maskapai, cara memesan tiket, no layanan, cara pembayaran dan sebagainya.
Kunci Sukses Bisnis Tiket Online
Dalam menjalankan bisnis agen tiket pesawat janganlah dulu anda berpikir harus mempunyai kantor dan pegawai. Anda bisa memulai bisnis ini hanya bermodalkan laptop dan HP saja dari rumah sendiri. Untuk itu, berikut ini kunci sukses bisnisnya.
1. Bikinlah Brand Anda Sendiri
Brand adalah sebuah kepercayaan dan identitas dari bisnis Anda. Membangun usaha itu bisa bermacam-macam mulai dari menjadi agen hingga mengembangkan brand sendiri. Bila Anda merasa sudah mapan dengan usahanya dan belum memiliki brand sendiri, sangat disarankan untuk membuat brand sendiri. Jika bisnis Anda belum berkembang, Anda bisa memakai nama besar dari sebuah mitra agen Anda. Namun, jika sudah mulai berkembang, Anda bisa membuat brand sendiri.
2. Perkenalkan Diri Anda
Ingat, jangan selalu memikirkan untung pada saat Anda membuka usaha baru namun berusahalah Anda agar di kenal banyak kalangan bahwa Brand Anda sudah melekat di pikiran mereka. Bagaimana cara mudah agar kita di kenal masyarakat? Ini trik-trik gila yang bisa Anda lakukan selama ini.
·         Ikuti seminar gratis yang diadakan setiap hari sabtu / minggu berkenal dengan peserta seminar dan bagi kartu nama.
·         Setiap hari Jum’at dan Minggu Anda bisa membagikan brosur kepada para jamaah di depan masjid dan gereja..
·         Setiap Minggu Anda juga bisa menyambangi tukang koran untuk menyelipkan brosur Anda di koran-koran mereka. Cukup bayar Rp. 25 ribu saja Anda sudah bisa menyelipkan brosur lebih dari 100 koran.
Simulasi Bisnis (Analisis Usaha) Bisnis Tiket Online
Sebelum mengulas simulasi, ada baiknya Anda ketahui terlebih dahulu bagaimana perhitungan keuntungannya. Cara perhitungan komisi untuk sub agen penjualan tiket maskapai penerbangan tergantung dari jumlah komisi dari masing-masing maskapai penerbangan. Misalnya, komisi yang biasanya berlaku dari masing-masing maskapai penerbangan untuk agen adalah sebagai berikut. Garuda Indonesia sebesar 2,5%, Lion Air sebesar 2,5%, Batavia Air sebesar 2,5%, Air Asia (tidak ada komisi), Citilink sebesar 2,5%, Merpati Air sebesar 3,5%, Sriwijaya Air sebesar 3,5%, Express Air sebesar 2,5%, Transnusa sebesar 2,5%, Trigana sebesar 2,5%, Kalstar sebesar 2,5%, dan untuk penerbangan International sebesar 3%. Komisi ini dihitung dari harga dasar tiket (Fare Basic) sedangkan untuk airline yang tidak ada komisi, agen bisa mengenakan service charge ke pelanggan.
Lantas bagaimana perhitungannya?
Rumusanya harga Jual-Net To Agent (NTA) X 70 %
Contoh:
þ  Jakarta-Medan Harga Jual = 853.100
þ  Net To Agent (NTA) = 814.600
þ  853.100 - 814.600 X 70 % = 26.950
Jadi yang di setor ke PT. Perusahaan penerbangan adalah 853.100 - 26.950 = 826.150.
Contoh:
þ  Komisi Garuda harga basic (fare) x 2 %  + 5.000
þ  Komisi Merpati  = harga basic (fare) x 3.5 % + 5.000
þ  Jakarta-Jambi Harga Jual = 780.000
þ  Basic Fare =704.545
þ  704.545 X 3.5 % = 24.660
Jadi yang di setor ke PT. Penerbangan adalah 780.000 - 24.660 = 755.340
Dari perhitungan keuntungan tersebut, maka kita bisa membuat simulasinya berikut ini:
Asumsi :
þ  1 Hari terdapat 5 buah penjualan tiket ( untuk tempat strategis bahkan bisa 100 tiket per hari ).
þ  1 kali penjualan tiket ada fee 30.000 ( fee tiket antara 10.000 – 250.000 tergantung harga tiket ).
þ  Keuntungan penjualan tiket dalam 1 hari = 5 x 30.000 = 150.000,-
þ  Keuntungan kotor  penjualan tiket dalam 1 bulan = 30 x 150.000 = 4.500.000,-
Tentunya keuntungan kotor dipotong biaya-biaya listrik, telepon, operator jaga dan operasional lain yang besarnya variatif antara 500.000 – 1.500.000 sebulan sehingga keuntungan bersih penjualan tiket dengan asumsi diatas adalah 3.000.000 sampai 4.000.000 per bulan. Apalagi, itu adalah perhitungan minimal, umumnya ditempat strategis penjualan tiket bisa mencapai 50 bahkan 100 tiket perhari. Bahkan fee tiket umumnya mencapai 100 bahkan 200 ribu untuk harga tiket 5 juta ke atas.
Previous
Next Post »

2 comments

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!