Merintis usaha
online ternyata bisa dimulai kapan saja dan dengan modal yang tak seberapa.
Kalimat inilah yang meggambarkan kesuksesan Hita Erlangga sebagai pengusaha
muda yang berhasil meraup omset ratusan juta per bulan dari bisnis butik batik
yang Ia kembangkan secara online. Sebagaimana disebutkan Agustina Wulandari (2014), memiliki seorang ibu yang berprofesi sebagai pedagang batik, ternyata
memberikan keuntungan tersendiri bagi Hita Erlangga atau yang biasa akrab
dipanggil Angga ini. Meskipun usianya masih sangat muda, Ia berani berkreasi
dan berinovasi mengangkat ide sederhana menjadi ladang bisnis yang luar biasa.
Berbekal
10 potong baju batik dari dagangan sang bunda, tahun 2009 silam Angga mencoba
menawarkan dagangan batiknya kepada teman-teman di kampusnya. Siapa sangka bila
ide tersebut mendapatkan sambutan cukup bagus dari teman-teman mahasiswa.
Melihat respon pasar cukup positif, di akhir tahun 2009 Angga kembali
berinovasi dengan memanfaatkan media sosial sebagai ladang promosi. Ketika itu
Ia menggunakan facebook untuk menjaring konsumen seluas-luasnya. Terbukti,
pesanan mengalir deras dan omset pun meningkat sangat pesat.
Yakin
dengan potensi bisnis online yang pasarnya semakin luas, Angga pun tak ragu
lagi untuk melebarkan sayapnya membuka toko online dengan membuat website
berbayar. Menggunakan alamat batikdistro.com Angga mulai menawarkan beragam
produk batik kepada konsumen di penjuru nusantara. Membidik konsumen menengah
ke bawah sebagai target utamanya, batikdistro[dot]com menawarkan
beberapa produk unggulan seperti kemeja batik laki-laki, jaket batik, batik
sarimbit (batik couple), topi batik, kaos batik, serta gantungan kunci batik
dengan harga yang terjangkau. Tidak heran bila sedikitnya sekitar 2.000-3.000
baju batik bisa terjual setiap bulannya.
Untuk
mengoptimalkan pemasaran bisnis onlinenya, Angga membangun kepercayaan konsumen
dengan mencantumkan testitomi dari setiap pembeli di toko onlinenya. Selain
itu, Ia juga mencantumkan beberapa video dan gambar yang memuat keberadaan toko
batiknya. Strategi tersebut bisa dikatakan cukup efektif, sehingga calon
pembeli yang membaca testimoni dari para pelanggan mulai percaya dengan
kualitas pelayanan yang diberikan batikdistro.com. Tidak hanya itu saja, untuk
meyakinkan konsumennya. Angga sengaja mencantumkan badan hukum usahanya di toko
online yang Ia miliki. Hal ini sengaja dilakukan agar para konsumen mengetahui
secara detail bahwa bisnis batiknya bukan toko fiktif yang selama ini ditakuti
para konsumen di dunia maya.
Keberanian
Hita Erlangga dalam merintis usaha dan kejeliannya dalam memanfaatkan pasar di
dunia maya, kini mengantarkan bisnis distro batik online raup
omset ratusan juta. Hita Erlangga merupakan
sosok sukses yang berhasil melihat peluang online dan memanfaatkannya untuk
menunjang bisnis offlinenya. Mungkin, jika Hita tidak melirik dan memanfaatkan
peluang online, distro batiknya yang semula hanya sebuah toko biasa tidak akan
menjadi besar dan meraup keuntungan yang tinggi. [ratu bisnis online]
Mas Angga sukses selalu ya,ojo kemaki,tetap andhap ashor
ReplyDelete