Untuk urusan bisnis,
Anda tidak salah untuk mempercayakan layanan pengiriman dan penyimpanan email
pada Gmail. Sebab Gmail merupakan solusi bagi
kebutuhan bisnis Anda tanpa bayar dengan jaminan keamanan terbaik. Layanan Gmail
menawarkan akun gratis, ruang penyimpangan yang besar, fitur keamanan yang
canggih dan masih banyak lagi kelebihan-kelebihan lainnya. Namun tahukah Anda
kalau di balik tampilan Gmail yang minimalis tersebut, ternyata terdapat
puluhan fitur tersembunyi yang dapat meningkatkan produktivitas Anda.
Berikut
adalah trik rahasia untuk memaksimalkan Gmail agar bisnis Anda lebih produktif.
1. Gunakan Priority Inbox
Email
tidak penting dapat memberikan efek malas terhadap kerja sehari-hari Anda.
Namun, Gmail dapat membantu Anda dengan memberikan pengetahuan tentang email
yang dianggap penting dan tidak. Dengan memilih menu Priority Inbox dari menu
Settings, maka Gmail akan bekerja otomatis memilih pesan yang paling mendesak
dalam kotak masuk Anda dan menempatkannya pada barisan atas. Fitur ini menggunakan
informasi yang dikumpulkan dari penggunaan sehari-hari Anda untuk mengevaluasi
pentingnya setiap email yang masuk, termasuk siapa yang sering Anda jadikan
tujuan pengiriman email Anda dan siapa yang menjadi teman chatting favorit
Anda, atau kata-kata yang cenderung muncul dalam pesan yang diterima agar Anda
dapat membaca terlebih dahulu. Jika Gmail melakukan kesalahan, Anda dapat
memberikan tanda terhadap pesan penting tsb sehingga Google mengerti prioritas
Anda. Semakin banyak umpan balik yang Anda berikan, maka Kotak Masuk anda akan
semakin cerdas. Konsep ini menurut saya sangat brilian dan sayang sekali untuk
dilewatkan.
2. Gunakan Kalender Untuk Mengingatkan Agenda
Penting
Menjalankan
bisnis berarti membutuhkan tanggung jawab setiap hari. Daripada mencari secarik
kertas untuk mencatat agenda kegiatan bisnis Anda, Gmail dapat membantu Anda
mengingkatkan agenda-agenda penting yang Anda miliki. Untuk memulai, cukup klik
tanda panah bawah di dekat sudut kiri atas kotak masuk Gmail Anda, dan pilih
Task. Task Manager memungkinkan Anda dengan mudah menambahkan item ke daftar
yang harus dilakukan dan memeriksanya kembali hingga tugas Anda selesai. Dengan
menetapkan batas waktu untuk tugas, maka akan secara otomatis ditambahkan ke
Google Calendar. Ketika mendekati tenggat waktu, Gmail akan mengirimkan pesan
pengingat.
3. Alamat Email Bisa Diubah Sesuai Nama
Perusahaan
Karena
anda bekerja keras untuk tampil profesional, maka dapatkan alamat email yang
membantu mewujudkan kerja keras Anda. Dengan berlangganan ke Google Apps for
Business, Anda dapat menyesuaikan alamat email menjadi sesuatu yang
mencerminkan merek Anda. Dari email yang bernama namaanda@gmail.com, alamat
Gmail Anda dapat menjadi namaanda@perusahaananda.com. Dengan alamat email
profesional, setiap pesan yang Anda kirim akan tampil lebih profesional dan
lebih dapat dipercaya. Tetapi fitur ini tidak dapat dimiliki secara gratis.
Hanya perusahaan yang berlangganan ke Google Apps for Business bisa mendapatkan
disesuaikan alamat email, di antara fasilitas lainnya. Layanan ini memiliki
biaya $50 per tahun untuk setiap pengguna.
4. Dapat Mengirim File Ukuran Besar dengan Google
Drive
Terkadang
Anda perlu mengirim file besar. Apakah itu video presentasi untuk pertemuan
berikutnya atau PDF besar berisi laporan pengeluaran terbaru dari perusahaan
Anda. Kebanyakan layanan email hanya dapat melampirkan file sebesar 25 MB. Tapi
Gmail dapat berkolaborasi dengan Google Drive untuk memungkinkan Anda mengirim
file yang lebih besar. Gmail memungkinkan Anda melampirkan file hingga 10 GB,
asalkan mereka diunggah ke Google Drive dulu. Google Drive adalah platform
cloud hosting milik Google. Untuk menggunakan fitur ini, cukup klik ikon Drive
ketika sedang membuka jendela compose di Gmail Anda, kemudian pilih file yang
ingin diupload.
5. Kirim Canned Response untuk pertanyaan yang
sering diajukan
Memiliki
bisnis sendiri berarti siap mendapatkan banyak respon / tanggapan. Tapi
pengusaha sibuk tidak selalu punya waktu untuk menyusun tanggapan pribadi untuk
setiap email. Dengan mengaktifkan fitur Canned Response di Gmail, Anda dapat
menyimpan pesan yang sering ditulis, lalu pilih salah satu dari jendela New
Compose. Ini bisa menghemat waktu membalas pertanyaan atau masalah yang sama sepanjang
hari. Untuk mengaktifkan fitur ini, arahkan ke tab Labs di menu Gmail Settings,
kemudian aktifkan Canned Responses. Ketika Anda siap untuk membuat pesan
khusus, cukup ketik ke Gmail Compose panel. Pilih arah panah di pojok kanan
bawah dan simpan di bawah Canned Responses. Pilih pesan dari jendela yang sama
ketika Anda siap untuk mengirim tanggapan anda.
6. Delegasikan Inbox kepada asisten
Jika
Anda berada di luar kota atau sangat sibuk, Anda dapat memberikan akses ke
karyawan terhadap account Gmail Anda. Arahkan ke tab Account di menu Settings
Gmail, klik Add Account, kemudian masukkan alamat email pengguna lain untuk
memberikan akses. Setiap email yang dikirim dari account Anda dengan pengguna
lain akan menampilkan pengirim sebagai: Nama Anda (dikirim oleh Delegasi).
Setelah diberikan, akses ke kotak masuk Anda dapat dicabut sewaktu-waktu. Fitur
ini adalah cara terbaik untuk menjaga kotak masuk Anda tetap lancar dengan
bantuan asisten Anda.
7. Mengelola beberapa inbox dari satu akun Gmail
Pemilik
bisnis yang canggih pasti memiliki lebih dari satu alamat email. Jadinya repot
jika harus sering pindah-pindah antara alamat pribadi dan beberapa alamat
perusahaan yang berbeda. Gmail memberikan Anda fasilitas mengelola beberapa
akun dari dalam antarmuka tunggal. Untuk mengaktifkan fitur ini, arahkan ke tab
Pengaturan, dan klik “Check mail from other accounts.” Setelah itu, Gmail
secara otomatis akan mengambil pesan dari account yang lain. Pesan yang diambil
dapat dibaca dan dibalas dari account utama.
Itulah trik rahasia yang bisa memaksimalkan Gmail agar bisnis Anda lebih
produktif.
0 Komentar
Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!